This is an example of a HTML caption with a link.

Rabu, 26 Agustus 2015

Harapan saya setelah menjadi Sarjana



Nama saya Muh Dachlan Fauzan, Cita-cita Saya ingin menjadi seorang yang mahir dan menguasai dalam ilmu komputer. Mungkin di jaman yang sekarang ini saingan serba ketat. Akan tetapi saya marasa yakin dan pasti mampu untuk bersaing dizaman sekarang,....pasti mampu disini bukan berarti mampu yach! ini adalah motivasi untuk diri saya sendiri. Bapak saya pernah mengatakan bahwa di tahun 2015 pekerjaan IT sudah tidak dapat digunakan karena semakin hari komputer semakin berkembang di berbagai kalangan, selain itu harganyapun semakin turung sehingga setiap orang dapat mengoperasikan komputer seperti halnya handphone. Namun saya tak berkecil hati untuk meraih cita-cita ku untuk menjadi sarjana IT yang paham, mengerti dan menguasai ilmu komputer. Saya akan berjuang keras untuk mewujudkan semua impian saya. Demi masa depan saya dan keluarga yang cemerlang. Saya sangat ingin jadi orang yang berhasil di dunia IT dan berharap agar dengan keahlian ini jualah yang akan membahagiaiin kedua orangtua saya. Oleh karena itu saya akan paksakan untuk bertarung,/bertempur, melawan semua halang lintang yang menghadang, dan tentunya kita akan bersaing secara sehat.

Mungkin bagi orang yang awam/orang baru seperti saya ini dalam ilmu komputer akan semakin sulit untuk bersaing di dalam dunia IT. Tapi ada pepatah mengatakan "Banyak jalan menuju Roma" dari salah satu pepatah tadi saya akan selalu berjuang dan berjuang untuk menggapai cita cita saya. Apapun resikonya saya akan rajin belajar dan berlatih. Saya ingin jadi orang yang mahir dan menguasai ilmu komputer. Harapan saya setelah lulus kuliah menjadi orang yang mahir dalam bidang komputer. Seperti jurusan yang sekarang saya ambil. Enggak cuma dapat gelagnya saja. dan dapat berkerja sesuai bidang yang sekarang saya geluti. Amiin yaa Roa


Peace,.....zzzztttttttttttttzz,......jangan protessss!



Senin, 06 Januari 2014

Memulai Belajar Programming


Tulisan ini dibuat karena banyaknya dari kita sebagai orang IT yang menganggap kalau programming itu kurang penting. Padahal programming itu esential. Alasannya adalah setiap baris komputer itu dibangun dari pemrograman. Yang paling dasar dibangun dari bahasa mesin 0 dan 1. Di atasnya ada bahasa assembly yang sering kita dengar perintah MOV, CALL, JMP, dan sebagainya yang disebut bahasa tingkat bawah. Bahasa tingkat menengah di tingkat atasnya ada bahasa C , phyton, dan Java yang biasanya menjadi kernel sistem operasi. Dan barulah di tingkat paling atas ada bahasa PHP, Perl, dan sebagainya.

Dari bahasa di atas yang saya sebutkan tadi ada baiknya kita menguasai salah satu bahasa pemrograman. Alasannya adalah dengan kita menguasai salah satu bahasa kita dapat belajar logika pemrograman dan bagaimana memahami permasalahan dan mengambil solusi dalam menghadapi permasalahan dalam dunia komputer ini. Walaupun saya menyukai teknologi informasi yang lebih banyak terhubung ke infrastruktur, tetapi skill programming tetap dibutuhkan selain untuk belajar logika pemrograman, juga dapat membantu kita menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul saat sistem operasi pada infrastruktur berjalan.

Oke sekarang kita mulai bagaimana kita belajar programming dengan mudah. Di bawah ini saya hanya akan memberikan tips belajar programming, bukan mengajari anda. Untuk belajar anda dapat buka google dan masukkan bahasa apa yang ingin anda pelajari dan gotcha!!

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah niatkan dan bulatkan tekad bahwa anda harus bisa menguasai logika pemrograman karena programming itu adalah logika.

2. Coba mulailah dengan hal-hal sederhana dengan mengetikkan atau menulis kode program sederhana seperti menghitung genap ganjil, menghitung bilangan prima dan sebagainya. (ingat DITULIS bukan DIBACA) Dan ulangilah sampai anda mulai lancar dan mengerti penggunaan setiap sintaks atau kode.

3. Belajar membuat flowchart. Dengan flowchart kita akan lebih mengerti penggunaan program yang akan kita bangun. Ibarat dengan gambar pasti kita akan lebih cepat mengerti. Dan selalu ulangilah sampai kita yakin untuk mengerti ibarat kita besok akan mengerjaka ujian.

4. Cobalah kode-kode baru yang lebih kompleks dan coba tulis dan buat flowchartnya.

5. Keep trying dan jangan pernah putus asa.

Semoga tips di atas dapat membantu anda. Dan jika anda ada pertanyaan atau butuh bantuan untuk mengerti bisa komen di bawah barangkali saya bisa membantu.



BELAJAR MANDARI DENGAN MBAH EXPLORER


Saat saya mempelajari suatu hal, saya ingin selalu mencari bahan dari subjek maupun topik yang sedang dibahas. Saya suka membuka laptop, browser, dan google kemudian masukkan topik yang ingin saya cari. Dari suatu bahasan ke bahasan lain yang tak akan pernah habis. Saat kita menyukai sesuatu, kita tak akan pernah bosan untuk mempelajari hal tersebut. Nah, apakah yang dimaksud dengan ‘Belajar itu harus Mandiri’?

Yang saya maksud belajar itu harus mandiri adalah saat kita belajar dengan sepenuh hati, seirama hati dan pikiran kita sehingga seolah-olah hal tersebut menjadi hidup kita. Mandirinya itupun kita tidak perlu disuruh, untuk belajar.

Kalau kita bersekolah di SD, SMP, SMA, biasanya guru kita selalu memaksa kita mendengarkan dan memahami. Orang tua kitapun di rumah juga memaksa kita mendengarkan dan MATERI itupun sudah DISIAPKAN dalam sebuah buku yang ringkas. Hal inilah yang menjadikan kita TIDAK MANDIRI. Bahkan sampai menjadi mahasiswa pun terkadang kita hanya belajar dari materi yang diberikan dosen. Padahal, sebagai mahasiswa, kita dituntut kreatif sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi yang berkembang. Hal tersebut hanya dapat dicapai jika kita memiliki potensi, passion dan value.

Apakah ketiga hal tersebut? Nah sekarang kita coba apakah anda dapat menjadi mandiri? Coba cari apa artinya…



Minggu, 01 September 2013

Apa Yang di pelajari di Teknik Informatika?

Belum lama ini, ada salah satu thread di kaskus dengan judul yang cukup menarik tentang informatika. Judulnya adalah kuliah jurusan komputer, maaf anda salah pilih.  Inti tulisan itu adalah banyak lulusan komputer yang tidak bisa memprogram, bahkan kadang kalah dengan yang belajar otodidak. Keluhan lain di artikel itu adalah bahwa banyak lulusan IT yang tidak siap kerja. Si penulis artikel itu sendiri adalah orang yang belajar komputer secara otodidak yang akhirnya sukses menjadi programmer ahli walaupun tidak pernah mengenyam kuliah IT.
Dari artikel diatas, banyak yang pro dan kontra, sebagian lagi justru tambah galau terutama yang merasa salah jurusan di IT atau anak Sekolah yang ingin melanjutkan kuliah diperguruan tinggi. Saya baru menyadari kekuatan sebuah tulisan ternyata bisa mempengaruhi bahkan meracuni pikiran pembacanya. Dulu, saya juga pernah menulis artikel “mengapa sebaiknya anda tidak jadi programmer”, namun di artikel itu saya jelaskan kalau isinya hanya joke dan hiburan, walaupun tentu ada benarnya. Ternyata artikel bernada joke aja menimbulkan pro dan kontra, apalagi artikel diatas.
Artikel ini saya beri judul “apa yang dipelajari di jurusan TI” agar pembaca tahu bedanya belajar otodidak, belajar di tempat kursus dan belajar di kuliah. Dulu.  waktu saya mau masuk kuliahpun paman saya bilang ” Komputer bisa dipelajari sendiri/kursus, mending kamu masuk keguruan biar jadi guru (baca :PNS).” Namun, mengutip kata temen saya Ilham:” Jika memang komputer bisa dipelajari secara otodidak, kenapa masih ada jurusan komputer dari D3, S1,S2 bahkan S3?”. Pasti ada yang tidak bisa dipelajari sendiri disana.
Dalam artikel ini, saya akan meluruskan artikel kaskus diatas sehingga para pembaca tidak langsung panik atau merasa salah jurusan atau terbesit pikiran “Kalau komputer bisa dipelajari secara otodidak”. Yang perlu diperhatikan adalah “ilmu” cara memakai komputer  tidak sama dengan ilmu Komputer itu sendiri.  Untuk itu, saya akan bagi materi komputer menjadi 3 bagian.
sebelum lebih jauh, kata ilmu komputer dan teknik informatika akan saya pakai secara bergantian untuk mengacu pada pembahasan yang sama. Jika dibahas lebih jauh, Teknik informatika dan ilmu komputer itu ada perbedaannya tapi untuk perkara ini tidak akan saya bahas panjang lebar.
materi komputer literacy
Komputer saat ini bukanlah barang mewah dan orang yang memakai komputer punt idak perlu harus kuliah atau kursus. Ilmu ilmu seperti bagaimana cara akses internet, cara memakai microsoft word dan cara Chat di Yahoo bukanlah ilmu komputer. Saya menyebut ilmu ini adalah “komputer literacy”. Di abad 21 ini, komputer literacy sama saja dengan “kemampuan membaca” di abad 20. Jadi memang sudah seharusnya setiap orang bisa memakai komputer, sama halnya setiap orang bisa membaca atau bisa naik motor.
Jika anda tidak kuliah atau anda kuliah di jurusan selain komputer, maka ilmu ilmu ini , termasuk berbagai macam buku yang bertebaran di toko buku itu bukan ilmu komputer. Catat sekali lagi, bukan Ilmu komputer, tapi lebih tepat disebut “ILmu cara memakai komputer”.  Ilmu ini bisa dipelajari sendiri secara otodidak atau ditempat kursus bagi yang benar benar awam.
materi kursus komputer
Materi kursus komputer, biasanya fokus ke satu skill, misalkan pemrograman visual basic, jaringan komputer atau desain grafis. Ilmu ini juga bisa dipelajari sendiri sebenarnya asal anda mempunyai kemampuan logika yang kuat. Materi kursus ini juga diajarkan di kuliah IT, tapi apa bedanya? Perbedaan mendasar adalah kursus hanya fokus pada “TODO” “Next” , “Habis ini, klik itu” . Lihat penekannya ada pada praktik. Orang yang kurus itu tidak memahami secara mendalam tentang apa itu variabel, mengapa ada integer ada float. Apa itu overflow, stack atau heap, itu semua tidak anda pelajari di kursus. Maka kekurangan paling nampak dari orang yang hanya kursus, dia mengetahui ilmu itu hanya dari satu sudut pandang. Efek sampingnya, dia akan kesulitan ketika diberi kasus yang berbeda atau disuruh membuat program dengan bahasa yang berbeda.
Kursus sangat cocok untuk orang yang mengejar ” cara cepat bisa Aplikasi FOO” secara “Mie instant”. Artinya anda memang bisa memahami ilmu itu, tapi tidak mendalam. Sekali lagi tidak mendalam. Kekurangna lain dari kursus adalah materi yang bersifat praktis, tidak terurut dan tidak mementingkan konsep.
Materi di Jurusan Teknik informatika
Jurusan teknik informatika, mempelajari ilmu yang bersifat teknik dan mendasar. Sebagai contoh Perancangan prosesor, Rancangan sistem operasi, Sistem berkas, compiler desain, computer vision Semantic Web  serta topik lain secara mendalam dan terurut. Bagi yang merasa tidak perlu kuliah dan mampu belajar sendiri silahkan baca buku -buku berikut:
2.     Digital Design and Computer Architecture oleh David haris
4.     Artifical intelegence:Modern aproach by  Stuart Russell dan peter norvig
Jika anda  tanpa kuliah, hanya belajar otodidak  bisa memahami buku buku diatas, anda bisa paham, maka saya sepakat dengan anda bahwa kuliah TI itu tidak perlu, nyatanya, baru baca judulnya aja sudah mabok kan? .  Yang perlu anda tahu, Hanya karena anda bisa belajar hacking dan coding otodidak bukan berarti anda sudah menguasai ilmu komputer. Ilmu hacking dan programming itu hanya kurang dari 10% dari ilmu komputer yang sebenarnya. ini yang perlu ditanamkan dan dipahami. Jika anda ingin tahu luasnya ilmu komputer, silahkan buka http://ocw.mit.edu/courses/electrical-engineering-and-computer-science/
Link diatas adalah link kuliah  gratis tentang ilmu komputer dari MIT, salah satu universitas terbaik didunia. Jika anda paham 10% saja dari yang dibahas, saya bisa sepakat dengan anda bahwa kuliah komputer/IT itu tidak perlu.
Link tambahan jika anda penasaran tentang materi ilmu komputer /teknik informatika :
Tapi, Ilmu (kuliah)   tidak dipakai di dunia kerja?
jawabanya, pasti dipakai baik langsung ataupun tidak langsung. Banyak mahasiswa yang lulus dan sukses jadi programer atau ahli security akan merendahkan kampusnya sendiri dan sombong dengan mengatakan :” saya tahu seperti ini belajar sendiri kok, ilmu dikampus teori semua”. Termasuk saya dulu juga berpikir seperti itu. Tapi coba kita telisik lebih jauh,  Orang yang jago jadi programmer, waku kuliah, dari mana anda diperkenalkan konsep algoritma? yang udah jago Oracle dan jadi sysadmin , siapa yang mengenalkan konsep database? Yang sudah ahli di jaringan, Siapa yang amengajarkan ilmu TCP/IP dan osi?
Sekarang mari kita lihat ilmu kuliah yang paling abstract bagi para mahasiswa TI semester awal. Ilmu itu bernama “Struktur data”. Ilmu ini seakan akan tidak pernah dipakai, padahal hampir semua program yang dipakai dikomputernya memakai teori “struktur data” . Kita lihat contoh realnya “:Saat anda membuka excel, apa konsep penting di struktur data  yang dipakai, jawabanya :”Array dan Matrix”.  Saat kita membuka Windows explorer, apa structur data yang dipakai?” Jawabannya :”TREE”. Saat kita memakai Google map untuk mencari jalur perjalanan , apa teori yang dipakai :” GRAPH”.   Ilmu ilmu itu tidak akan pernah diajarkan di kursus, ilmu itu hanya diajarkan di kampus. Sayangnya, dosen yang mengajarkan materi ini juga jarang yang memberi contoh real sehingga seakan akan tidak bermanfaat.
Janganlah kita sombong merasa ilmu kuliah  idak diperlukan, rasa rasanya , dosen dosen itu tidak memberi manfaat apapun, padahal tanpa mereka mahasiswa yang katanya belajar otodidak  tidak akan behasil, berkat kuliah dari dosen itulah ilmu pondasi kita menjadi matang, itu yang jarang di disadari mahasiswa atau alumni.
Kalau anda kerjanya jadi tukang ketik ya jelas ilmu komputer tidak dipakai. Bayangkan anda membangun sistem yang besar misalkan Bank, Sistem kendali pabrik, menjadi peneliti, membuat robot dan sebagainya maka saya jamin 100% ilmu teori yang dulu didapat pasti dipakai.
Lulusan TI merasa tidak perlu ilmu TI ketika sudah lulus karena apa? ya karena mereka kerja diluar jalur, misal jadi teller bank, jadi juru ketik atau jadi petugas entri data bahkan ada yang banting setir dibidang yang sama sekali tidak berhubungan dengan komputer.
Ga kuliah/drop out kuliah  komputer, juga bisa sukses?
ini adalah pola pikir yang perlu dibrantas, untuk jelasnya silahkan baca artikel “Drop out kuliah lalu sukses, yakin lo?” . Inti dari tulisan itu, orang yang sering dijadikan contoh dropout lalu sukses seperti bill gate itu bukan Orang bodoh bro.Sayangnya buku buku tentang drop out sukses itu menakankan pada DROP OUT nya, bukan pada ALASAN dibalik drop out . Si bill gate ini  otaknya kelewat jenius, dia bisa membuat Bahasa pemrograman, sekali lagi CATET MEMBUAT BAHASA PEMROGRAMAN  Basic yang dia jual bahkan sebelum lulus kuliah. Karena bisnis menjual bahasa pemrograman cukup sukses, akhirnya dia memutuskan untuk dropout. Sama juga dengan Mark zukerberg, steve job dan lainnya.
Pola pikir drop out bisa sukses itu harus dibuang jauh jauh bro. Hanya karena beberapa orang sukses saat drop out, bukan berarti tanpa sekolah/kuliah kamu juga bisa mengalami sukses yang sama. Contoh bodohnya , jika di lamaran pekerjaan di butuhkan S1 teknik informatika, tapi anda Drop out, apa anda bisa melamar di lowongan itu? Jelas tidak! Sekali lagi, jangan cuman baca buku motivasi yang cuma menjual mimpi kosong.
Ingin Ahli IT?  Hindari buku ” 10 jam mahir belajar FOO!”. 
Peter Norvig, direktur penelitian di Google menulis artikel dengan judul “Teach Yourself Programming in Ten Years” yang merupakan bentuk kekesalannya karena banyakny buku dengan judul “Teach your selft bla bla bla in 10 hours” atau kalau di indonesiakan menjadi ” Mahir ilmu FOO dalam 10 jam” atau judul sejenis. Tentunya kata FOO(L)  bisa anda ganti sendiri dengan topik topik komputer yang seakan akan gampang.  Topik sejenis adalah “FOO(L) for dummies”. Buku inilah yang membuat seakan akan ilmu komputer itu ilmu yang cetek, semuanya bisa belajar dan bisa ditempuh dalam hitungan hari. Pemikirin paling TOLOL yang pernah saya baca sejauh ini.”
cartoon96
Buku buku diatas adalah buku sampah karena menggampangkan perkara yang tidak gampang. Ambilah contoh :” Menjadi hacker dalam waktu 3 hari” atau ” Mahir pemrograman visual basic dalam waktu 10 jam”. Apa yang bisa kita dapat dari 10 jam belajar ilmu pemrograman. Paling paling anda tahu syntax bahasa pemrograman, copas code dan runing code.
Sekarang, bagaimana orang orang model belagu yang mengatakan bisa belajar komputer secara otodidak disuruh buat seperti ini:

bagi yang belajar otodidak, paham ga dengan perintah si anjing hackles?
bagi yang belajar otodidak, paham ga dengan perintah si anjing hackles?
” Buatlahlah kelas abstract untuk penyimpanan dan pencarian object serial dengan teknik self adjusing binary tree!” 
Saya yakin dia tidak tahu sama sekali apa yang diperintahkan, coba perintah diatas berikan ke programer otodidak, paham ga? Ilmu seperti diatas hanya bisa dipelajari di kuliah, banyak materi dasar yang harus dikuasai sebelum menjadi “Real programer”, bukan programer kopas.  Untuk memahami perintah diatas saja kita minimal harus memahami OOAD (object oreinted analitic and desain),  OOP (object oriented programing) , Algoritma pemrograman,struktur data dan  bahasa pemrograman java.
Sekdar tambahan, Seorang disebut ahli kalau sudah berkecimpung dibidangnya minimal 10 tahun, jadi kalau baru lulus dan baru 2 tahun bekerja, itu masih “Junior level”, kalau sudah mencapai “4-5tahun” Masuk level” Senior level” dan kalau diatas 10 tahun baru disebut “expert”.
Kesimpulan
Jika anda ingin tahu cara memakai komputer dan internet, cukup beli buku “cara memakai komputer” dan anda bisa belajar otodidak. Jika anda ingin mengerti atau menguasai skill tertentu di bidang komputer (semisal jaringan atau desain) cukup kursus. Namun jika anda ingin benar benar mengerti dunia komputer dan ilmu komputer luar dalam sampai ke akar akarnya , tidak ada jalan lain selain Kuliah komputer. Dari sini, andalah yang paling tahu kebutuhan anda.
Dan sebagai penutup: Mengatakan belajar ilmu komputer bisa dengan otodidak sama saja anda mengatakan bisa membangun gedung pencakar langit hanya dengan membaca buku arsitektur . Sama juga anda mengatakan, anda bisa jadi dokter spesialis hanya dengan otodidak dan membaca buku ilmu kedokteran”.  Intinya ” Jika anda tidak suka dengan Matematika, fisika dan bahasa inggris” JANGAN SEKALI KALI MASUK Teknik informatika atau ILMU KOMPUTER. Satu lagi, hanya karena anda bisa membuat aplikasi Hotel yang dipakai diberbagai hotel, bukan berarti anda sudah mungasai ilmu komputer. Anda baru menguasai secuil ilmu komputer bernama “SISTEM INFORMASI”  jelas kan sekarang?UNASMAN




Rabu, 29 Mei 2013

EKONOMI : Kebijakan Fiskal (Fiscal Policy) .

Kebijakan Fiskal adalah suatu kebijakan ekonomi dalam rangka mengarahkan kondisi perekonomian untuk menjadi lebih baik dengan jalan mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Kebijakan ini mirip dengan kebijakan moneter untuk mengatur jumlah uang beredar, namun kebijakan fiskal lebih mekankan pada pengaturan pendapatan dan belanja pemerintah.
Instrumen kebijakan fiskal adalah penerimaan dan pengeluaran pemerintah yang berhubungan erat dengan pajak. Dari sisi pajak jelas jika mengubah tarif pajak yang berlaku akan berpengaruh pada ekonomi. Jika pajak diturunkan maka kemampuan daya beli masyarakat akan meningkat dan industri akan dapat meningkatkan jumlah output. Dan sebaliknya kenaikan pajak akan menurunkan daya beli masyarakat serta menurunkan output industri secara umum.
Kebijakan Anggaran / Politik Anggaran :

1. Anggaran Defisit (Defisit Budget) / Kebijakan Fiskal Ekspansif
Anggaran defisit adalah kebijakan pemerintah untuk membuat pengeluaran lebih besar dari pemasukan negara guna memberi stimulus pada perekonomian. Umumnya sangat baik digunakan jika keaadaan ekonomi sedang resesif.
2. Anggaran Surplus (Surplus Budget) / Kebijakan Fiskal Kontraktif
Anggaran surplus adalah kebijakan pemerintah untuk membuat pemasukannya lebih besar daripada pengeluarannya. Baiknya politik anggaran surplus dilaksanakan ketika perekonomian pada kondisi yang ekspansi yang mulai memanas (overheating) untuk menurunkan tekanan permintaan.
3. Anggaran Berimbang (Balanced Budget)
Anggaran berimbang terjadi ketika pemerintah menetapkan pengeluaran sama besar dengan pemasukan. Tujuan politik anggaran berimbang yakni terjadinya kepastian anggaran serta meningkatkan disiplin.
Arti dan Tujuan Kebijakan Fiskal

Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mendapatkan dana-dana dan kebijaksanaan yang ditempuh oleh pemerintah untuk membelanjakan dananya tersebut dalam rangka melaksanakan pembangunan. Atau dengan kata lain, kebijakan fiscal adalah kebjakan pemerintah yang berkaitan dengan penerimaan atau pengeluaran Negara.
Dari semua unsure APBN hanya pembelanjaan Negara atau pengeluaran dan Negara dan pajak yang dapat diatur oleh pemerintah dengan kebijakan fiscal. Contoh kebijakan fiscal adalah apabila perekonomian nasional mengalami inflasi,pemerintah dapat mengurangi kelebihan permintaan masyarakat dengan cara memperkecil pembelanjaan dan atau menaikkan pajak agar tercipta kestabilan lagi. Cara demikian disebut dengan pengelolaan anggaran.
Tujuan kebijakan fiscal adalah untuk mempengaruhi jalannya perekonomian. Hal ini dilakukan dengan jalan memperbesar dan memperkecil pengeluaran komsumsi pemerintah (G), jumlah transfer pemerntah (Tr), dan jumlah pajak (Tx) yang diterima pemerintah sehingga dapat mempengaruhi tingkat pendapatn nasional (Y) dan tingkat kesempatan kerja (N).




Merakit Harddisk (HDD) drive - Cakram Keras

Cakram keras (bahasa Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.


Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile). Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.
Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, cakram keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.

Berikut ini adalah tayangan-tayangan tentang perakitan HDD atau haddisk




Selasa, 28 Mei 2013

PENTINGNYA FILSAFAT DALAM ARSITEKTUR PENDIDIKAN

Tiga tahun setelah organisasi yang sangat sukses Departemen Arsitektur, Universitas Patras konferensi internasional bertajuk "Pentingnya filsafat dalam pendidikan arsitektur" volume eponymous adalah puncak dari upaya ini. Pengorganisasian dan ilmiah komite konferensi terdiri Royal Petridou, Associate Professor Universitas / Universitas Patras, Elias Konstantopoulos, profesor Universitas / Universitas Patras dan Panagiotis Pangalos, arsitek, dosen Universitas / University of Patras. Sponsor Konferensi adalah Yayasan Panayotis dan Effie Michelis, yang mana kemudian mengambil alih dan isu buku ini dari Prosiding.

Volume ini mencakup 67 pengumuman dalam bahasa asli dan urutan presentasi selama Kongres, ringkasan singkat dari presentasi dalam bahasa lain selain teks, dan kurikulum dari Kongres. Volume ini diselenggarakan mengikuti struktur organisasi Pengadilan pada sembilan tema berikut: "Arsitektur, teks dan Bahasa", "Konsep Tempat filosofi dan arsitektur", "Filsafat dan pendidikan arsitektur", "Dimensi filosofis sejarah arsitektur, "" filsafat modern dalam arsitektur "," konsep filosofis dan desain arsitektur "," alat filosofis dalam pendidikan arsitektur "," The Poetics arsitektur. " Pertanyaan kunci, yang merupakan inti dari agenda konferensi, adalah apakah masuknya filsafat dalam pendidikan arsitek dapat berfungsi sebagai kontributor perkembangan arsitektur modern. Tema konferensi juga merupakan bagian dari diskusi yang lebih luas seputar pendidikan dari arsitek dan mengembangkan dialog antara arsitektur dan filsafat, perdebatan yang memiliki akar dalam sejarah kedua disiplin. Selama bertahun-tahun, arsitek dan filsuf berbicara dan berkolaborasi dalam upaya untuk menghubungkan dua konsep dalam pertimbangan pertukaran interaktif. 

Meskipun buku ini tidak termasuk luas masukan-Pengadilan dimaksudkan juga untuk memberikan Anda langkah ke banyak pendapat mungkin memberi rangsangan mampu menyelidiki lebih lanjut hubungan antara dua konsep dasar, arsitektur dan filsafat. Tidak ada keraguan bahwa hubungan antara filsafat dan arsitektur tidak jelas, tetapi ditandai dengan banyaknya ekspresi. Ada tiga pertanyaan kunci yang muncul dari investigasi hubungan ini: Apakah mampu filsafat pendidikan arsitek dan jika ya, apa yang seharusnya menjadi peran Hari ini adalah penting untuk filosofi kehadiran arsitek dalam analisis spasial? dan transformasi ideologi, dengan cara huni dalam bentuk pencarian? Bagaimana arsitek beralih ke filsuf untuk menjelaskan konsep, untuk menghilangkan keraguan dan membangun definisi, di mana filsafat adalah proses pencarian didominasi terbuka?